- DEFINISI
Web adalah sebuah penyebaran informasi
melalui internet. Sebenarnya antara www (world wide web) dan web adalah
sama karena kebanyakan orang menyingkat www menjadi web saja. Web
merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia internet. Melalui
web, setiap pemakai internet bisa mengakses informasi-informasi di situs
web yang tidak hanya berupa teks, tetapi juga dapat berupa gambar,
suara, film, animasi, dll. Sebenarnya, web merupakan kumpulan-kumpulan
dokumen yang banyak tersebar di beberapa komputer server yang berada di
seluruh penjuru dunia dan trehubung menjadi satu jaringan melalui
jaringan yang disebut internet.
- SEJARAH
Pada tahun 1980, Tim
Bernes-Lee , kontraktor independen di Organisasi Eropa untuk Riset
Nuklir (CERN), Swiss , dibangun Enquire , sebagai
database pribadi orang dan model perangkat lunak, tetapi juga sebagai cara untuk
bermain dengan hypertext setiap halaman baru
informasi dalam Enquire harus terhubung dengan halaman yang ada.
Pada tahun 1984 Berners-Lee kembali
ke CERN, dan dianggap permasalahannya presentasi informasi: fisikawan dari
seluruh dunia diperlukan untuk berbagi data, dan tanpa mesin umum dan tidak ada
perangkat lunak presentasi umum. Dia menulis sebuah proposal Maret 1989
untuk "database hypertext besar dengan link diketik", tapi itu
dihasilkan bunga kecil. Bosnya, Mike
Sendall, mendorong Berners-Lee untuk mulai menerapkan sistemnya pada suatu yang
baru diperoleh NeXT workstation. Ia menilai beberapa nama,
termasuk Mesh Informasi, Tambang Informasi (ditolak
karena abbreviates ke TIM, pencipta nama WWW) atau Tambang Informasi (ditolak
karena abbreviates untuk MOI yang "Me" dalam bahasa Perancis), tetapi
menetap di World Wide Web.
A. WiMax,
Hypertext, Internet, Usenet, FTP, Gooper.
- Wimax
Wimax adalah singkatan dari Wordwide
Interoperability for Microwave Access, merupakan teknologi akses nirkabel pita
lebar ( broadband wireless access atau disingkat BWA ) yang memiliki kecepatan
akses yag tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMax merupakan evolusi dari
teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan
data yang tinggi mampu di berikan, WiMax juga merupakan tenologi dengan open
standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMax di antara beberapa vendor yang
berbeda tetap dapat di lakukan ( tidak proprietary ). Dengan kecepatan data
yang besar ( sampai 70 MBps ), WiMax dapat di aplikasikan untuk koneksi
broadband “last mile”, ataupun backhaul.
WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah sebuah tanda
sertifikasi untuk produk-produk yang lulus tes cocok dan sesuai dengan standar IEEE 802.16.
WiMAX merupakan teknologi nirkabel yang menyediakan hubungan jalur lebar dalam jarak jauh. WiMAX merupakan
teknologi broadband yang memiliki kecepatan akses yang
tinggi dan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang
lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga
membawa isu open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX di antara
beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan
kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX layak diaplikasikan untuk ‘last mile’ broadband connections, backhaul,
dan high
speed enterprise.
Yang membedakan WiMAX dengan
Wi-Fi adalah standar teknis yang bergabung di dalamnya. Jika WiFi menggabungkan
standar IEEE 802.11 dengan ETSI (European
Telecommunications Standards Intitute) HiperLAN sebagai standar teknis yang
cocok untuk keperluan WLAN, sedangkan WiMAX merupakan penggabungan antara
standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI HiperMAN.
Standar keluaran IEEE banyak
digunakan secara luas di daerah asalnya, Amerika, sedangkan standar keluaran
ETSI meluas penggunaannya di daerah Eropa dan sekitarnya. Untuk membuat
teknologi ini dapat digunakan secara global, maka diciptakanlah WiMAX. Kedua
standar yang disatukan ini merupakan standar teknis yang memiliki spesifikasi
yang sangat cocok untuk menyediakan koneksi berjenis broadband lewat media
wireless atau dikenal dengan BWA.
- Hypertext
Hypertext
adalah teks yang ditampilkan pada layar komputer atau perangkat elektronik
lainnya dengan referensi hyperlink ke teks lain yang pembaca dapat langsung
mengakses, biasanya dengan satu klik mouse, urutan menekan tombol atau dengan
menyentuh layar. Selain teks, hypertext kadang-kadang digunakan untuk
menggambarkan tabel, gambar, dan bentuk lain konten presentasi dengan
hyperlink. Hypertext adalah konsep yang mendasari mendefinisikan struktur dari
World Wide Web. Ini memungkinkan koneksi mudah digunakan dan fleksibel dan
berbagi informasi melalui Internet.
Dokumen
hypertext dapat menjadi statis (dipersiapkan dan disimpan di muka) atau dinamis
(terus-menerus berubah dalam menanggapi input pengguna, seperti halaman web
dinamis). Static hypertext dapat digunakan untuk referensi silang koleksi data
dalam dokumen, aplikasi perangkat lunak, atau buku-buku tentang CD. Sebuah
sistem yang dibangun dengan baik juga dapat menggabungkan antarmuka pengguna
lainnya konvensi, seperti menu dan baris perintah. Link yang digunakan dalam
dokumen hypertext biasanya mengganti bagian saat hypertext dengan dokumen
tujuan. Sebuah fitur yang kurang dikenal dan digunakan adalah StretchText, yang
mengembang atau mengontrak isi di tempat memberikan kontrol yang lebih kepada
pembaca dalam menentukan tingkat detail dari dokumen yang ditampilkan.
Hypertext dapat mengembangkan sistem yang sangat kompleks dan dinamis
menghubungkan dan referensi silang. Implementasi paling terkenal dari hypertext
adalah World Wide Web, pertama kali digunakan pada tahun 1992.
Keuntungan
penulisan menggunakan teknologi hypertext adalah bahwa makna dari cerita dapat
disampaikan melalui rasa spasialitas dan perspektif yang bisa dibilang unik
untuk lingkungan digital jaringan. Penggunaan kreatif pengarang dari node,
mandiri unit arti di dalam narasi hypertextual, bisa bermain dengan orientasi
pembaca dan menambahkan makna ke teks.
- Internet
Internet
(kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah adalah sistem
global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar
Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh
dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang
berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran
paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang
terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini
dinamakan internetworking.
- Usenet
Seperti
artinya usenet adaah cara kita menggunakan sebuah internet, disini banyak
sekali cara seseorang menggunakan internet dimulai dengan menggunakan WWW
(World Wide Web) sampai kelebihan dan kekurangan dari sebuah internet.
Dijelaskan mulai dari Infrastruktur komunikasi Internet terdiri dari komponen
perangkat keras dan sistem lapisan perangkat lunak yang mengontrol berbagai
aspek arsitektur. Sementara perangkat keras sering dapat digunakan untuk
mendukung sistem perangkat lunak lain, itu adalah desain dan proses
standarisasi yang ketat dari arsitektur perangkat lunak yang mencirikan
Internet dan memberikan fondasi untuk skalabilitas dan sukses. Komponen yang
paling menonjol dari model internet adalah Internet Protocol (IP), yang
menyediakan sistem pengalamatan (alamat IP) untuk komputer di Internet. IP memungkinkan
internetworking dan pada dasarnya menetapkan internet itu sendiri. Versi IP 4
(IPv4) adalah versi awal yang digunakan pada generasi pertama dari internet
hari ini dan masih digunakan dominan. Banyak orang menggunakan internet dan
istilah World Wide Web atau hanya Web, bergantian, tetapi dua istilah yang
tidak sama. World Wide Web adalah sistem pencarian sebuah situs. Dunia Web
Lebar perangkat lunak browser, seperti Microsoft Internet Explorer, Mozilla
Firefox, Opera, Apple Safari, dan Google Chrome, memungkinkan pengguna
menavigasi dari satu halaman web yang lain melalui hyperlink tertanam dalam
dokumen. Dan ada beberapa bagian dari internet yang dapat digunakan atau di
akses yaitu :
1. Media streaming adalah pengiriman real-time media digital untuk konsumsi
langsung atau kenikmatan oleh pengguna
akhir. Contoh : Digital media streaming dan Webcam.
2. File sharing adalah contoh dari mentransfer sejumlah besar data di
Internet.
- FTP
File
Transfer Protocol (FTP) adalah protokol jaringan standar yang digunakan untuk
mentransfer file dari satu host ke host lain melalui jaringan berbasis TCP,
seperti Internet. FTP dibangun pada arsitektur client-server dan menggunakan
kontrol terpisah dan sambungan data antara klien dan server [1] FTP pengguna dapat
mengotentikasi sendiri menggunakan sign-in yang jelas-teks protokol, biasanya
dalam bentuk username dan password. , tetapi dapat terhubung secara anonim jika
server dikonfigurasi untuk memungkinkan itu. Untuk transmisi aman yang
menyembunyikan (enkripsi) username dan password, dan mengenkripsi konten, FTP
sering diamankan dengan SSL / TLS ("FTPS"). SSH File Transfer
Protocol ("SFTP") kadang-kadang juga digunakan sebagai pengganti,
tetapi teknologi yang berbeda. Aplikasi FTP client pertama adalah baris perintah
aplikasi yang dikembangkan sebelum sistem operasi memiliki antarmuka pengguna
grafis, dan masih dikirimkan dengan Windows kebanyakan, Unix, dan sistem
operasi Linux. [2] [3] Puluhan klien FTP dan utilitas otomatisasi telah sejak
dikembangkan untuk desktop, server, perangkat mobile, dan perangkat keras, dan
FTP telah dimasukkan ke dalam ratusan aplikasi produktivitas, seperti editor
halaman Web. Ada beberapa metode aman mentransfer file yang telah disebut
"Secure FTP" pada satu titik atau lain.
FTP dapat
berjalan dalam mode aktif atau pasif, yang menentukan bagaimana koneksi data
didirikan. Dalam modus aktif, klien membuat koneksi kontrol TCP ke server dan
mengirimkan server alamat IP klien dan jumlah klien port dan kemudian menunggu
sampai server memulai koneksi data melalui TCP ke alamat IP client dan nomor
client port. Dalam situasi di mana klien berada di belakang firewall dan tidak
dapat menerima koneksi masuk TCP, mode pasif dapat digunakan. Dalam modus ini,
klien menggunakan koneksi kontrol untuk mengirim perintah PASV ke server dan
kemudian menerima alamat IP server dan nomor port server dari server klien yang
kemudian digunakan untuk membuka koneksi data dari port klien untuk alamat IP
server dan nomor port server menerima. Kedua mode yang diperbarui pada bulan
September 1998 untuk mendukung IPv6. Perubahan lebih lanjut diperkenalkan ke
mode pasif pada waktu itu, update ke modus pasif diperpanjang.
- Gooper
Gooper
adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi,
pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada
desain dokumen menu, protokol Gooper disajikan menarik untuk alternatif World
Wide Web pada tahap awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai popularitas.
B. Jenis-jenis Web I, II, III
- Web 1.0
2. Web 2.0
Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Salah satu aturan terutama adalah: Membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek jaringan untuk mendapatkan lebih banyak lagi pengguna aplikasi tersebut. Sifat dari web 2.0 adalah read write
3. Web 3.0
Perbedaan
utama dari setiap generasi adalah pada Web 1.0 masih bersifat read-only, pada
Web 2.0 bergerak ke arah read-write,sedangkan pada Web 3.0 mengembangkan
hubungan manusia ke manusia, manusia ke mesin, dan mesin ke mesin.
Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Salah satu aturan terutama adalah: Membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek jaringan untuk mendapatkan lebih banyak lagi pengguna aplikasi tersebut. Sifat dari web 2.0 adalah read write
3. Web 3.0
Konsep Web
3.0 ini dapat diandaikan sebuah website sebagai sebuah intelektualitas
buatan (Artificial Intelegence) . Aplikasi – aplikasi online dalam website
dapat saling berinteraksi. Teknologi pada Web 3.0.
Beberapa
pengamat web mulai membayangkan konsep web dimasa depan. Beberapa bayangan
konsep Web 3.0 antara lain:
·
Realisasi Semantic Web
·
Evolusi 3D
·
Web sebagai Database
·
Executable
C. Pertumbuhan Sosial dan Ekonomi
Dengan berkembangnya teknologi secara pesat juga berpengaruh pada pertumbuhan kehidupan sosial dan ekonomi. Adapun dampak yang ditimbulkan dari pesatnya perkembangan teknologi adalah sebagai berikut :
Efek Positif
- Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol
- Meningkatnya rasa percaya diri. Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia
- Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras
- Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
- Terjadinya industrialisasi
- Produktifitas dunia industri semakin meningkat
- Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
Efek Negatif
- Melemahkan rasa gotong royong dan tolong menolong sebagaimana ini menjadi ciri khas masyarakat Indonesia
- Berkurangnya sosialisasi karena kurang proses tatap muka atau face to face karena pesatnya perkembangan alat komunikasi, hal ini dapat menyebabkan komunikasi menjadi hampa
- Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol
- Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
- Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental instant
- Kemajuan TIK juga pasti akan semakin memperparah kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dan orang miskin
- Pencurian uang di Bank melalui internet, dan biasanya orang yang ahli di bidang itu disebut Hacker. Perbuatan kriminal tersebut sulit untuk di deteksi karena mereka menggunakan taktik sendiri dan kode-kode tertentu dalam pelaksanaan misi mereka. Dan itu semua tidak dapat diketahui pihak lain. Pembobolan Bank ini dapt merugikan negara karena jumlah yang diraut bukan hanya jutaan rupiah, melainkan trillyun rupiah
- Adanya aksi tipu menipu dalam proses jual beli online yang dapat merugikan beberapa pihak
- Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan kartu kredit) online dan mencatat kode kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
Web
Science juga berarti cara-cara atau metode-metode yang digunakan dalam membuat
website yang baik atau dengan kata lain bias di bilang Web Science adalah ilmu
pengetahuan yang sudah dilakukan penelitian dari Web yang muncul melalui
desentralisasi sistem Informasi. Dalam hal ini membutuhkan pemahaman akan Web
dan juga fokus pada pengembangan terhadap kebutuhan komunikasi dan
representasi. Sangat disadari bahwa World Wide Web atau yang sering disingkat
(www) adalah teknologi yang baru berusia beberapa tahun. Asal-usul dari Web
science dapat ditemukan dalam Penelitian Ilmu Web Science Research Initiative
(WSRI) yang didirikan pada tahun 2006 yang kemudian mengubah namanya pada tahun
2009 menjadi Web Science Trust.
Proses
dari web science sendiri terdapat beberapa tahapan, seperti yang dipaparkan
didalam presentasi Tim Berners-Lee, berawal dari isu yang beredar atau masalah
yang timbul di kalangan masyarakat sehingga dapat memunculkan berbagai ide
manusia yang tentunya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat social. Ide yang
didapat kemudian dapat direalisasikan dalam bentuk teknologi yang kita ciptakan
atau dengan mengembangkan teknologi yang sudah ada sebelumnya.
Setelah
ide terealisasi, tentunya teknologi tersebut akan menimbulkat dampak atau efek
mikro dan makro yang pada akhirnya akan membawa kita pada isu atau masalah
baru. Dalam presentasinya, Tim Berners-Lee memberikan beberapa contoh yaitu
proses terciptanya email dan blog.
Misalnya
pada proses terciptanya sebuah email, berawal dari kebutuhan seseorang untuk
berkomunikasi lebih lagi(Issues), dan dengan melihat kebutuhan serta keadaan
yang ada dimana manusia memiliki masalah dengan jarak dan waktu untuk
berkomunikasi, maka muncullah ide untuk membuat sebuah pesan yang dapat dikirim
melalui internet (Idea), setelah itu dengan mengembangkan teknologi yang ada,
terciptalah email yang menimbulkan dampak makro berupa interconnected academia yang menyebabkan timbulnya masalah atau
issues baru.
Metodologi Web Science
Web
Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah
ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan
metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web
untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa
yang dapat dilakukan.
Berbagai
penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi
pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci
utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004]
menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap
minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data
empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi
pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang
industri maupun peneliti akademisi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar