Minggu, 27 November 2011

Ilmu Sosial Dasar: Tugas 2

Dalam kehidupan kita kenal ada tiga karakter dan lingkungan yang dimiliki oleh manusia, yaitu individu, keluarga, dan masyarakat.Berikanlah sebuah pemahaman dari tiga tipe pola kehidupan dan jelaskan pula contoh-contoh dari masing-masing kehidupan tersebut.


1. Karakter Dan Lingkungan Individu 
Karakter Individu memiliki karakter yang berlainan satu dengan yang lainnya. Perbedaan antar karakter individu sebagai identitas diri individu masing-masing. Perilaku yang ditunjukkan oleh individu, membuat individu yang lain mengambil sikap atau tindakan sebagai reaksi individu yang bersangkutan. Interaksi individu akan membentuk kondisi lingkungan dalam pergaulannya. Contohnya meskipun dalam pergaulan banyak teman-teman yang merokok, namun saya tetap mengikut karakter dalam diri saya untuk tidak merokok.  

2. Karakter Dan Lingkungan Keluarga 
Adalah  awal dari semua karakter seperti Individu & Masyarakat. karena, karakter keluarga merupakan pembentukkan awal dari seseorang atau Individu yang akan hidup dalam kehidupan bermaysrakat. contohnya sejak anak itu berada dilingkungan yang terkecil yakni Keluarga. Sebab, sejak di dalam kandungan bahkan setelah dilahirkan selalu berada di lingkungan keluarga khususnya dekat dengan orang tuanya. Misalnya, walaupun saat ini pemerintah telah membuat kebijakan agar dilakukan pembangunan karakter. Namun sebenarnya, karakter itu telah terbangun sejak di dalam kandungan hingga di lahirkan serta berada dilingkungan keluarga. Dan dengan demikian makan anak itu bisa dengan sendiri nya tumbuh dan berkembang dalam lingkungan bermasyarakat.

 
3. Karakter Dan Lingkungan Masyarakat 
Adalah karakter yang dimiliki oleh setiap Individu maupun Keluarga dalam kehidupan bermasyarakat. Faktor lingkungan ini memiliki peran dalam membentuk kepribadian seseorang. Sebagai contoh, budaya membentuk norma, sikap dan nilai yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya dan menghasilkan konsistensi seiring berjalannya waktu sehingga ideologi yang secara intens berakar di suatu kultur mungkin hanya memiliki sedikit pengaruh pada kultur yang lain. Misalnya, orang-orang Amerika Utara memiliki semangat ketekunan, keberhasilan, kompetisi, kebebasan, dan etika kerja yang terus tertanam dalam diri mereka melalui buku, sistem sekolah, keluarga, dan teman, sehingga orang-orang tersebut cenderung ambisius dan agresif bila dibandingkan dengan individu yang dibesarkan dalam budaya yang menekankan hidup bersama individu lain, kerja sama, serta memprioritaskan keluarga daripada pekerjaan dan karier.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar