Minggu, 01 April 2012

Tugas IBD 3

Manusia dan Tanggung Jawab

Sebagai makhluk sosial, setiap manusia pasti sudah pernah diajarkan rasa tanggung jawab sejak kecil. Oleh karena itu saat kita tumbuh berkembang menjadi manusia dewasa, kita pun harus membudaya kan rasa tanggung jawab tersebut kepada orang lain.
agar nanti nya manusia tersebut menyadari bahwa hidup di dunia ini tak akan bisa lepas dari rasa tanggung jawab yang besar. Kita hidup di dunia ini memiliki tanggung jawab untuk banyak kalangan.
Pertama, kita memiliki tanggung kepada Tuhan Yang Maha Esa, dimana tanggung jawab kita adalah untuk tetap menjaga dan melestarikan ajaran dan budaya dari agama yang kita anut tersebut.
Kedua, kita tentu memiliki tanggung jawab terhadap negara dimana tempat kita berpijak. dimana tanggung jawab kita adalah tetap menjaga ke utuhan dari negara yang kita bela dari para penjajah maupun perusak bangsa baik dari warga negara Indonesia sendiri ataupun dari warga negara lain yang mencoba untuk merusak citra atau nama negara kita. serta tidak lupa untuk tetap melestarikan kebudyaan Indonesia yang telah ada sejak nenek moyang kita dulu.
Ketiga, kita tentu memiliki tanggung jawab juga terhadap keluarga. dimana tanggung jawab kita terhadap keluarga adalah agar tetap memberikan apa yang keluarga kita harapkan dari kita. Memberikan yang terbaik untuk keluarga kita dengan prestasi dan pencapaian - pencapaian yang bisa membuat orang tua, adik - kakak serta saudara - saudara kita pun ikut bangga dengan apa yang pernah kita raih..

maka dari itu, jadi lah Manusia yang bermanfaat untuk keluarga, bangsa serta agam kita. jalani lah tanggung jawab mu terhadap Tuhan, Negara dan Keluarga dengan rasa ikhlas..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar