Jumat, 13 Januari 2012

Tugas 4 Ilmu Sosial Dasar

4.1. Manusia sebagai individu selalu berada ditengah-tengah masyarakat, perilaku individu dalam kelompok ataupun tindakan terhadap orang lain bisa positif atau sebaliknya yaitu tindakan negatif diantaranya: menolong (helping), kerja sama (cooperation), kompetisi (competition), dan konflik (conlikct). Buatlah contoh tindakan/perilaku individu yang mangandung makna tersebut diatas minimal masing-masing tindakan satu contoh.

Di dalam hidup bermasyarakat, kita harus saling menolong satu sama lain. Ingatlah, "tidak akan ada manusia yang bisa hidup tanpa manusia yang lainnya". Contoh: jika kita tinggal di sebuah kost-an, apabila kita tengah sakit, terbaring lemas dan tak bisa bangun hingga perlu di rawat dirumah sakit. Apakah kita bisa dengan sendiri nya pergi ke rumah sakit sedangkan tubuh kita sendiri pun sedang melemah? Maka dari itu, orang lain di sekitar yang bisa membantu dengan inisiatif yang dia miliki, tanpa harus kita meminta bantuan pun pasti mereka akan tersadar bahwa kita tengah membutuhkan bantuan mereka untuk membawa kita ke rumah sakit. Dan dari situ lah kita bisa hidup bermasyarakat, saling menolong, bekerja sama, berkompetisi untuk memberikan kebaikan dan kemampuan yang kita miliki kepada orang yang membutuhkan bantuan. Maka dengan itu kita bisa dinama kan telah memecahkan konflik / masalah yang sedang terjadi.



4.2 Dalam kehidupan masyarakat selalu dijumpai keadaan yang sangat bervariasi dan dengan keadaan yang tidak sama. Pada sisi lain setiap manusia mengidam-idamkan adanya kesamaan, dalam agama mengajarkan bahwa setiap manusia mempunyai kesamaan derajat. Di badan dunia pun menganggap bahwa manusia mempunyai hak yang dibawanya sejak lahir yang melakat pada dirinya, terbukti adanya Universal Declaration of Human Right.
Tugas anda buat secara deskriptif pelapisan sosial yang ada pada masyarakat dan buat pula apa yang dimaksud dengan kesamaan derajat pada setiap manusia serta jelaskan dengan contoh dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.


Pada bahasan kali ini, saya ingin memberikan contoh dalam kehidupan sosial kemasyarakatan menurut pendapat saya pribadi. 
Di dalam aturan aturan agama, derajat manusia itu semua sama. entah itu yang mempunyai harta melimpah, maupun orang yang termasuk golongan terendah. derajat di dunia hanya lah sebagai tanda / hasil atas apa yang telah mereka lakukan dan mereka raih selama ini. Mungkin, mereka yang saat ini memiliki harta berlimpah dikarenakan memang mereka giat serta ulet dalam belajar sehingga mereka bisa mendapatkan apa yang mereka pelajari selama ini. Saya yakin tidak akan ada manusia yang bisa mendapatkan apa yang selama ini mereka inginkan jika tanpa ada usaha untuk mendapatkan apa yang mereka raih. Maka dari itu, berusaha lah mengejar dan meraih apa yang ingin kalian raih dengan usaha kalian sendiri, tanpa harus mengharapkan belas kasihan dari orang lain. Akhir kata, saya hanya ingin menyampaikan hanya orang malas lah yang mengaku bahwa dia tidak bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan, berdoa, berusaha dan kejar lah apa yang selama ini ingin kalian genggam! :)

1 komentar:

  1. kan udah ada di sebelah kanan atas, tepat nya di atas Facebook Badge :)

    BalasHapus